Breaking

LightBlog

Minggu, 09 Agustus 2020

RANGKUMAN ASJ BAB 2

MATERI ASJ BAB 2 SHARE HOSTING




Kelas : XII TKJ 
Mapel : ASJ ( Administrasi Server Jaringan )    


A.     Istilah hosting
Istilah hosting banyak digunakan dalam dunia internet,terutama bagi user netter yang sudah memiliki blog dengan self hosting. Namun demikian, dengan berlangganan  account hosting pada penyedia hosting, use mendapatkan nama domain,sejumblah ruang disk yang bisa diisi dengan data, dan account email. Dengan demikian penyewa (klien) dapat membuat website dan berinteraksi dengan visitor (pengunjung website) dan/atau staf tertentu mengguakan website dan e-email.
1.  Prinsip kerja share hosting server
          Prinsip kerja shared hosting (atau biasa disebut web hosting saja) memberi peluang mengunakan satu server yang terhubung ke internet dan sedang digunakan bersama-sama dengan penggunaan hosting lainnya.
          Dengan keberadaan shared hosting, pada prinsipnya beberapa situs web yang di host pada server yang sama, setiap website memiliki sendiri partisi dari server. Bahkan jika berbagai situs melakukan shared hosting  masing masing dapat mempertahankan alamat  sendiri e-mail,akses FTP, link, dan file.
Secara mendasar,layanan shaer hosting menyediakan 24/7 dukungan online pada sebuah website yang di kelola oleh administrasi sistem.Shared hosting didasar pada sistem panel control seperti H-Sphre,Plesk,Sphr,Ensim,cPanel,dan Internetwork.Dalam hal ini,website dapat mengunakan host pada server dengan nama,IP,ataupun memilih kombinasi keduanya.
Adapun cara kerja web hosting di awali ketika mengakses sebuah website (baik menggunakan ip addressmaupun nama domain)melalui browser yang menggunakan netwokk protocol HTTP, saat internet akan mengirimkan perintah akseskepada server hosting.Selanjutnya server akan mengirimkan informasi file yang di minta ke komputer melalui internet dan selanjutnya akan di terjemahkan oleh webbrowser dalam bentuk tulisan serta gambar.
2.  Jenis-jenis Hosting
Layanan hosting menyediakan tempat untuk menampung,menjalankan aplikasi,dan menyimpan semua data yang di butuhkan di lokasi terpusat(server) yang bisa di akses melalui koneksi internet.Hosting Komersial di bedakan menjadi beberapa varian kapasitas,di antaranya berukuran 300 mb,500 mb,sampai ratusan GB.Secara mendasar,hosting di gunakan untuk penyimpanan serta aplikasi website,file transfer pada FTP,pusat data e-mail,dan lain-lain.di samping itu,server hosting juga di dukung dengan jaringan interner dengan kecepatan tinggi.dengan adanya layanan tersebut,server website tidak akan mudah down.
·                    Bebrapa jenis hosting yang sering digunakan adalah sebagai berikut.
a.                 Web Hosting Type Shared
Web hosting dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan dan data dapat berupa megabytes
 (mb) hingga trapytes (tb) dengan memiliki koneksi ke jaringan internet sehingga data tersebut  dapat diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Salah satu tipe web hosting yang paling banyak digunakan adalah shared hosting. Share hosting identik dengan salah layanan web hosting, sebuah account hosting ditaruh dalam satu provider hosting yang sama dengan  beberapa account hosting lainnya guna memakai layanan bersama-sama.
Website yang di-online-kan di server yang sama berbagi semua resource, seperti memori, computing power,disk space, dan lain-lain.
b.                 Web Hosting Type VPS
Virtual Private Server (VPS) pada dasarnya hampir sama dengan jenis shared hosting, tetapi suber daya yang digunakan lebih tinggi kualitasnya.
c.                  Web Hosting Type Cloud
Di era globalisasi ini, web hosting type cloud merupakan paket yang paling banyak disukai dipasaran karena literally, tanpa downtime. Ciri khas dari web hosting type cloud, yaitu memiliki banyak server yang didesain untuk berinteraksi dan terhubung satu sama lain agar performa situs web tetap terjaga. Dalam hal penggunaan file dan resourceakan direplikasi di setiap server.
3.  Jenis-Jenis Hosting
Layanan hosting menyediakan tempat intuk menampung, menjalankan aplikasi dan layanan menyimpan semua data yg dibutuhkan di lokasi terpusat (server) yg bisa di akses melalui koneksi internet.Hosting komersial dibedakan menjadi beberapa varian kapasitas, di antaranya berukuran 300 MB, 500 MB, sampai ratusan GB. Secara mendasar, hosting digunakan untuk penyimpanan serta aplikasi websitefile transfer pada FTP, pusat data e-mail, dan lain-lain
a.     Web Hosting Type Shared
Web hosting dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes  (mb) hingga terabytes (tb) dengan memiliki koneksi ke janringan internet sehingga data tersebut dapat diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Salah satu  tipe web hosting yg paling banyak digunakan adalah shared hosting. Shared hosting identik dengan salah satu layanan web hosting, sebuuah account hosting ditaruh dalam satu provider hosting yg sama dengan beberapa account hosting lainnya guna memakai layanan bersama-sama.
b.     Web Hosting Type VPS
Virtual Private Server (VPS) pada dasarnya hampir sama dengan jenis shared hosting, tetapi sumber daya yg digunakan lebih tinggi kualitas. Dalam hal ini, Virtual Private Server (VPS) sangan cocok bagi mereka yg memiliki website dengan jumlah pengunjung harian yg cukup banyak maupun yg memliki traffic tinggi.
c.      Web Hosting Type Cloud
Di era globalisasi ini, web hosting type cloud merupakan paket yg paling banyak disukai di pasaran karena literally tanpa downtime. Ciri khas dari web hosting type cloud, yaitu memiliki banyak server yg di desain untuk berinteraksi dan terhubung satu sama lain agar performa situs web tetap terjaga.
d.     Web hosting type dedicated
Web hosting type Dedicated memiliki konsep Yang hampii sama dengan konsep type shared,yaitu mengunakan satu server saja.dalam hal ini,dedicated server dapat digunakan untuk website memakain satu server dan tidaj perlu berbagi dengan situs atau website lain,degan adanya web hosting seperti ini,privasi website akan lebih terlindungi karena tidak adanya website lainyang mengunakan server yang sama.
e.      Web hosting type wordprees
Web hosting type wordpress merupakan bentuk lain dari web hosting type shared an dibuat khusus penguna website wordprees.disamping itu,paket web hosting type shared dan dibuat khusus penguna website wordprees.disamping itu,paket web hosting type wordprees akan menyertakan fitur-fitur tambahan.misalnya,drag-and-drop page builder, tema wordprees yang pre-designed,serta tool delelover yang spesifik,beberapa kelebihan web hosting type wordprees diantaranya.mengunakan metode one-click wordprees instalation, memiliki kesamaan harga dengan web hosting type shared,mudah digunakan,hal-hal yag berhubungan dengan wordprees dikuasi oleh  costumer suport,serta terdapat plugin dan tema wordprees pre-installed.adapun kekurangan mendasar pada web hosting type wordprees,yaitu hanya bisa digunakan kekurangan mendasar pada web hosting type wordprees,yaitu hanya bis digunakan oleh website yang dibuat wordprees saja.
f.       Web hosting type Colocation
Secara umum, web hosting type colocation mirip dengan web hosting type Dedicated adapun
Perbedaannya terletak pada kepemilikan dan penempatan server web hosting type colocation harus menyiapkan server sendiri yang nantinya akan ditempatkan dan monitor oleh penyedia layanan hosting.adapun web hosting type dedicated sudah tersedia dan dimonitor oleh penyedia layanan hosting.
4.  Hubungan antara web hosting dan nama domain
Server hosting hanyalah perangkat komputer dengan spesifikasi yang lebih kuat dan besar.Komputer yang dipakai untuk menyimpan data website dan menjalankannya memiliki jaringan internet super cepat. Di samping itu,paket hosting menyediakan layanan server yang dapat membantu klient dalam menjalankan  website. Selain menggunakan layanan menggunakan layanan website hosting,seorang klien juga harus membeli  domain. Terdapat perbedaan mendasar antara web  hosting dan nama domain. Jika website hosting identik dengan spasi server untuk sebuah situs/website maka domain adalaj alamat sebuah situs. Misalnya,menggunakan nama domain naufal_fadhilcomp.net.
B.  Instalasi Dan Konfigurasi Share Hosting Server
Hosting di ibaratkan sebagai manajemen mal dengan banyak toko yang berjualan dalam hal ini, pihak mal hanya menyediakan layanan keamanan dan lokasi tempat berjualan saja, sementara penggunaan jasa (penyewa lahan) akan membayar biaya sewanya. Oleh sebab itu, jika sebuah online shop membutuhkan server untuk menyimpan data gambar,file,data konsumen,dan lain-lain,keberadaan hosting berperan dalam penyimpanan tersebut.
1.  Minimal sistem
          Minimal sistem yang digunakan untuk instalasi MSCP pada debian 9 strectch, yaitu sebagai berikut:
A.   RAM minimum 1 GB
B.   Prosesor 1 GHz atau lebih tinggi/32-bit (x64) atau 64-bit (x64), tetapi lebih dianjurkan menggunakan core 13.
C.   Heard drive minimal 3 GB yang digunakan untuk i-MSCP.
D.   Kecepatan akses internet minimum 100 Mbits/s.
E.    Aplikasi PHP  minimal versi 5.3, dan PERL minimal versi 5.10
F.    Program linux OS  debian 9 strecth






2.  Fitur-fitur i-MSCP
Fitur-fitur yang dimiliki oleh di i-MSCP antara lain sebagai berikut:
A.Kustomisasi data DNS
B. External mail server dn event manager yang mencakup frontend yang mampu backand
C. Mail server management yang mencakup postfix,coursier, dan dovencot
D.Multi-user di tingkat web interface terutama pada tingkat administrator,reseller,dan klien.
E. Mendukung aplikasi mariaDB, SQL server management (mySQL), dan PHP settings editor untuk setiap user,domain,ataupun situs.
F.  Plugin API yang mencakup frontEnd maupun backend
G.Mendukung remote SQL server dan software package installer
H.Memiliki proteksi pada web folder.
3.  Instalasi i-MSCP di server debian 9 strecth
Hal mendasar yang perlu dipahami adalah aplikasi i-MSCP hanya bisa digunakan pada 2 distro linux , yaitu Debian (Versi Wheezy ke atas) dan Ubuntu LTS (Versi 12.04 ke atas). I-MSCP termasuk installer yang benar-benar interaktif dan secara otomatis akan me-mount apa pun yang diperlukan dalam repository Debian itu. Langkah-langkah instalasi i-MSCP di server Debian 9 strecth adalah sebagai berikut.hal yang perlu diperhatikan adalah jika lupa dengan nama hostname server,dapat menggunakan nama alternatif dengan mengetikan:”hostname.
          Untuk menetapkan perubahan sistem, dapat dilakukan dengan memberikan perintah: reboot
a.                 diawali dengan perintah setting fqnd sebagai berikut:
root@fadhil:/echo’naufal_fadhilcomp.net>/etc/hostname&& hostname-F//etc/hostname tname
b.                 selanjutnya melakukan tahap persiapan (prainstal) dengan memberikan perintah sebagai berikut:
root@fadhil:/# apt-get install ca-certificates whiptail perl perl-modules lib E-mail-simple-perl tasksel zip unzip wget.

c.                  Berikut memberikan perintah istalasi sebagai berikut
root@fadhil:/#tasksel install standard
Guna melanjutkan proses,dapat diakhiri dengan menekan tombol entersehingga muncul package configuration.
d.                 Guna mengunduh (download) file installer i-MSCP dan menginstal nya harus login dengan menggunakan user root. Selanjutnya, unduh file installer ke dalam folder /usr/local/src dengan perintah sebagai berikut:
root@fadhil:#cd/usr/locar/src
e.                  Selanjutnya unduh versi terbaru dari i-MSCP,yakni 1.3.7 maka perintah yang digunakan untuk mengunduh data mengestrak file i-MSCP 1.3.7 adalah sebagai berikut:
f.                   Langkah selanjutny adalah mengganti nama file 1.3.7zip menjadi imscp_1.3.7zip menggunakan perintah mv.setelah itu estrak file imscp.zip yang ada difolder/user/local/src menggunakan perintah unzip, tunggu beberapa saat sehingga file trestraksi 100% secara otomatis.
g.                 Langkah selanjutnya  berpindah folder menggunakan perintah sebagai berikut.
root@fadhil:/#cd imscp-1.3.7
h.                 Setelah semua persiapan selesai dilakukan,langkah selanjutnya adalah proses  instalasi i-MSCP. Perintah-perintah yang digunakan adalah #perl imscp-autoinstall-d.
i.                   Muncul tampilan welcome to the i-MSCP setup dialog. Kali ini jawab dengan OK dan akhiri dengan menekan tiombol Enter.
j.                   Selanjutnya, muncul tampilan installation mode yang memiliki dua opsi pilihan yaitu auto dan manual. Pada tahap ini, pilih auto dengan menekan tombol spacebar dan akhiri dengan menekan tombol enter.
k.                 Selanjutnya, muncul tampilan”please,choose the server you want to use for the po service” dengan pilihan courier dan dovecot. Pada tahap ini, pilih pada dovecot dengan menekan tombol spacebar dan akhiri dengan menekan tombol enter.
1.  Setelah itu, muncul tampilan “please,choose the server you want to use for the ftpd service:proftpd dan vstpd dan vsftpd”. Pada tahap ini, pilih pada proftpd dengan menekan tombol spacebar dan akhiri dengan menekan tombol enter.
2.  muncul tampilan “please, choose the server you want to use for the sql service” dengn pilihan mariadb 10.0, mariadb 10.1, msql 5.5 msql 5.6, msql 5.7, persona 5.5, persona 5.6, persona 5.7, dan remote server. Karena menggunakan  debian9 strecth, anda dapat memilih  mariadb 10.0. atau mariadb 10.1 dan akhiri dengan menekan tombol enter
3.  selanjutnya, muncul tampilan “please, choose the server you want to use for the httpd servise” dengan pilihan  apache fcgiq,apache itk, dan apache php fpm. Pada tahap ini, pilih pada apache php fmpdengan menekan tombol spacebar dan akhir dengan menekan tombol enter.
4.  Selanjutnya muncul tampilan “please,choose the server want to use for the name service” dengan pilihan bind dan external server. Pada tahap ini pilih bind dengan menekan tombol spacebar dan akhiri dengan menekan tombol enter.                                                    Dalam penginstalan i-MSCP, banyak ditampilkan dialog box yang menanyakan tentang passwoard, fqdn,bahasa,zona waktu,nama hostname,local ip address dan lain lain. Tunggu hingga proes instalasi selesai di kerjakan.
5.  Setelah itu lanjutkan dengan login menggunakan account admin yang telah dibuat tadi, yaitu https://svlcpanel.naufalfadhilcomp.net:8443 atau bisa juga mengakses melalui http://192.168.100.2.Setelah memasukan user name dan passwoard,akan muncul tampilan overview uer.


Soal Pilihan Ganda

1. Istilah hosting banyak digunakan dalam dunia internet,terutama bagi user netter yang sudah memiliki ...
a. Blog dengan self hosting
b. Blog dengan server
c. Blog dengan host hosting
d. Blog dengan homework
e. Blog dengan Host server

2. Secara mendasar,layanan shaer hosting menyediakan ...
a. 28/11 dukungan online
b. 25/8 dukungan sistem
c. 26/9 dukungan online
d. 24/7 dukungan online
e. 26/1 dukungan online

3. Sebagai tempat penyimpanan dan data dapat berupa megabytes merupakan pengertian dari...
a. web hosting
b. web browser
c. web site
d. web blok
e. web server

4.     Web hosting type wordpress merupakan bentuk lain dari..
a.     web hosting type shared an
b.     web host
c.      hosting type beat
d.     hosting type noob
e.      hosting type mb

5.     Secara umum, web hosting type colocation mirip dengan ...
a. web hosting type Dedicated
b. Web hosting type mobile
c. Web hosting type data base
d. Web hosting

e. Web Hosting Dedicate M 

6 komentar:

Adbox