Breaking

LightBlog

Minggu, 23 Agustus 2020

Perangkat Hadware

 

Hardware Komputer

  3 min read

hardware komputer

Di Dalam dunia perkomputeran, selain adanya perangkat lunak, juga terdapat perangkat keras atau lebih dikenal dengan hardware. Tujuan Hardware komputer sendiri merupakan komponen fisik yang bisa membentuk sebuah sistem komputer itu sendiri. Hardware ini juga mempunyai sifat yang berbeda dengan software dimana bisa dilihat, mempunyai bentuk yang nyata dan bisa diraba.

Didalam sistem komputer sendiri, anda akan menemukan adanya banyak hardware  yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Tetapi secara umum, hardware sendiri dibagi menjadi 4 bagian dimana bagian-bagian tersebut adalah perangkat masukan, perangkat keluaran, perangkat aksesoris dan perangkat untuk pengolahan data. Untuk lebih jelasnya, penulis akan menjelaskan beberapa macam perangkat hardware tersebut bersama dengan fungsinya.

Macam-macam perangkat keras dan fungsinya

Hardware Komputer
Macam-macam perangkat keras dan fungsinya

Beriku ini  Komponen Hardware Komputer dan Fungsi-fungsinya. Dari mulai pengerian, jenis hingga fungsinya lengkap yang bisa membantu kamu untuk lebih tau lagi tentang perangkat keras komputer. Berikut ulasannya:

1. Motherboard (papan induk)

hardware komputer
hardware komputer dan fungsinya

Motherboard ini merupakan perangkat keras pada sistem komputer dimana mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam komponen pada komputer seperti:

  • Prosesor 

Prosesor merupakan sebuah IC yang memiliki fungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem yang terdapat pada komputer dan digunakan sebagai otak atau pusat dari komputer dimana mampu melakukan perhitungan ataupun menjalankan tugas.

Prosessor adalah otak sentral dari sebuah komputer. Prosessor adalah yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).

Chip ProcessorChip Processor

Contoh sebuah prosessor intel pentium 4 dengan frekuensi clock 2 Ghz mampu mengerjakan 2 milyar perintah dalam satu detik. Dalam menyebut sebuah prosessor biasanya sudah termasuk frekuensi clocknya, contoh : intel pentium4 2.0 GHz.

Merk prosessor yang terkenal adalah INTEL dan AMD. INTEL adalah pabrik prosessor besar yang berasal dari California USA. INTEL semakin populer setelah memproduksi prosessor INTEL PENTIUM. Selain INTEL kini ada AMD yang konon lebih bagus dalam mode grafis jadi cocok untuk para Gamer.

  • Ram 

RAM atau random access memory merupakan tempat yang digunakan untuk penyimpanan data sementara ketika sebuah komputer sedang dijalankan dan dapat diakses dengan cara random. RAM Juga bisa mempercepat kinerja PC.

RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz.

RAMRAM

Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.

Contoh beberapa merk RAM adalah V-gen , Kingston, Visipro, Ramos, dll.

Generasi RAM dari waktu ke waktu :

  • Static RAM (SRAM)
  • Non Nolatile RAM (NV-RAM)
  • Dynamic RAM (DRAM)
  • Syncronous DRAM (SDRAM)
  • DDR RAM (Dual data rate RAM)
  • DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  • DDR III RAM (DDR generasi ketiga)
  • DDR IV RAM
Saat ini, penggunaan RAM pada pc atau laptop sudah berada pada banyak generasi, dimana generasi pertama dikenal dengan istilah SDRAM, yang saat ini sudah ditinggalkan penggunaannya, kemudian DDR (Double Data Rate), DDR 2, dan sampai saat ini, DDR 3 merupakan generasi terbaru yang banyak digunakan pada PC dan juga laptop konvensional. Penggunaan DDR 1, 2, dan juga 3 terletak pada fungsi utama dari RAM tersebut. RAM dengan DDR yang paling tinggi memiliiki kecepatan membaca paling baik dan juga paling cepat.
  • Cara Membedakan DDR RAM

    cara membedakan DDR RAM

    Bagi yang ingin memahami lebih lanjut mengenai DDR pada RAM, maka paling tidak user harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan utama dari DDR RAM. Bagaimana cara membedakan DDR RAM? Untuk membedakannya, sangatlah simpel. Yang perlu di lakukan cukup dengan cara melihat spesifikasi dari RAM yang akan di gunakan.

    1. Cara yang pertama biasanya, dari pabrik pembuat memory sudah melampirkan jenis DDR dari RAM yang mereka jual di pasaran. User hanya perlu melihat bungkus dari RAM yang dibeli, dimana akan tertulis DDR 1, DDR 2, ataupun DDR 3.
    2. Cara kedua yang bisa user lakukan untuk membedakan DDR RAM. Cara membedakan DDR RAM berikutnya adalah dengan cara melihat clock atau kecepatan baca dari RAM yang akan anda beli atau gunakan.

    Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari DDR RAM:

    • RAM DDR 1 memiliki nomor seri PC2100 memiliki kecepatan sebesar 266 MHz, Nomor seri PC2700 memiliki kecepatan 333 MHz, dan untuk seri PC3200 dengan kecepatan 400 MHz.
    • RAM DDR 2 memiliki nomor seri PC4200 dengan kecepatan 533 MHz, nomor seri PC5300 memiliki kecepatan 667 MHz, dan PC6400 memiliki kecepatan 800 MHz.
    • Untuk RAM DDR 3, memiliki kecepatan yang bervariasi sesuai dengan nomor serinya, antara 400 hingga 1066 MHz.

    Apabila dilihat dari kecepatannya, maka dapat dipastikan RAM DDR 3 memiliki kecepatan membaca yang paling tinggi dibandingkan generasai DDR sebelumnya.

    3. Cara membedakan DDR RAM yang ketiga adalah dapat di lihat secara fisik. Secara fisik, RAM DDR memiliki semacam sekat atau soket pada bagian bawah. Letak soket atau sekat yang berada pada bagian bawah RAM DDR berebeda – beda. Pada RAM DDR 1, letak sekat berada pada bagian tengah dari Memory tersebut, Sedangkan untuk DDR 2 berada sedikit ke kiri, dan untuk DDR 3 berada lebih ke kiri lagi. Agak sulit memang untuk melihat ciri fisik ini, karena itu, cara yang paling efektif adalh dengan cara melihat spesifikasi dari produk RAM yang akan di beli.

    • Buka Windows Explorer (Tombol windows + E pada keyboard).
    • Klik kanan pada My Computer.
    • Lalu pilih menu Properties.
    • Ketika menu properties sudah muncul, maka user akan melihat spesifikasi dari RAM yang sudah terinstall pada laptop atau PC.

    Jangan Sembarangan Memilih RAM

    Biasanya banyak orang yang ingin melakukan upgrade pada RAM di PC ataupun laptop mereka. Namun demikian, banyak yang tidak mengetahui bahwa untuk mengupgrade RAM komputer tidak semudah membeli memori atau harddisk eksternal yang hanya tinggal dicolok saja. Perlu pertimbangan khusus dalam mengupgrade RAM, antara lain:

    1. Pastikan generasi RAM yang akan dibeli atau diupgrade, sama dengan generasi RAM yang terinstall. Apabila PC atau laptop anda menggunakan RAM DDR 3, maka anda juga harus mengupgradenya dengan menggunakan RAM DDR 3 juga
    2. Perhatikan spesifikasi pabrik dan juga slot dari kapasitas maksimum RAM. Apabila kapasitas maksimum dari slot yang diperuntukan RAM sudah dilimit hanya mencapai 8 GB saja, maka anda tidak boleh menggunakan RAM dengan kapasitas diatas 8 GB, karena akan menyebabkan terjadinya malfungsi.
    3. Gunakanlah RAM dengan kualitas yang terpercaya dan juga memiliki aftersales yang baik.

    Demikianlah artikel singkat mengenai cara membedakan RAM DDR. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai RAM DDR. Terima Kasih.

  • Slot memori

Merupakan Hardware Komputer yang di gunakan untuk menyimpan memori dimana letaknya bersebelahan dengan socket prosesor. Jumlah slot memori ini sendiri bisa lebih dari satu.

  • Selain itu masih ada komponen lainnya yang terdapat didalam motherboard seperti chipset BIOS, battery CMOS, Power connection, port USB, storage drive connector dan masih banyak lagi.

2. Hard disk

hardware komputer dan fungsinya

Jenis hardware berikutnya yang terdapat didalam komputer adalah harddisk atau dikenal dengan HDD. Ini merupakan perangkat keras pada komputer yang mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan sekunder.

didalam hardisk sendiri anda bisa menemukan adanya lebih dari satu piringan dimana mempunyai fungsi untuk menampung data-data dengan menggunakan sistem magnetis. Ini berbeda dengan RAM yang menyimpan data ataupun instruksi secara sementara.

Beberapa fungsi dari harddisk diantaranya adalah sebagai berikut

  • Digunakan untuk menyimpan music
  • Berfungsi untuk menyimpan dokumen
  • Berfungsi untuk menyimpan gambar ataupun video

Seluruh dokumen tersebut akan tersimpan secara permanen walaupun komputer dimatikan. Terdapat 3 jenis hdd yang ada di pasaran yakni IDE (integrated drive electronics), ATA (advanced technology attachment) dan SATA/ serial advanced technology attachment.

3. PC Cooler atau Heatsink

Perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh sebuah PC ketika tengah dioperasikan. Agar proses untuk mendinginkan panas yang terdapat pada komputer bisa berlangsung optimal maka heatsink dipasang di atas prosesor.

Selain itu heatsink tersebut juga akan diberikan gel atau pasta agar bisa menempel dengan baik. Selain itu, hardware komputer yang satu ini juga akan dilengkapi dengan kipas yang bisa mempercepat adanya proses pendinginan. Hardware ini sendiri biasanya terbuat dari bahan aluminium.

4. Monitor

hardware komputer dan kegunaannya

Salah satu Hardware ada pada komputer selanjutnya adalah monitor. Ini merupakan perangkat keras yang masuk ke dalam golongan output dimana berfungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan data yang bisa berupa grafis. Setiap monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda.

Jenis-jenis monitor diantaranya adalah sebagai berikut

  • CRT atau cathode ray tube merupakan monitor yang eksis di tahun 2000-an. Jenis monitor ini pasti sering kamu temui bukan?
  • Monitor LCD merupakan monitor yang tersusun oleh cairan Kristal sehingga bisa menghasilkan kualitas warna yang lebih bagus dibandingkan dengan monitor CRT. Varian cahayanya juga lebih bervariatif.
  • Monitor LED merupakan jenis monitor yang dianggap sebagai penyempurnaan dari monitor LCD. Kualitas warnanya juga cenderung lebih bagus dimana dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti adanya teknologi touch screen.
  • Monitor plasma ini juga jenis monitor yang mungkin sudah pernah kamu jumpai. Monitor ini mempunyai gambar dengan kualitas LCD sudut pandang CRT dimana mempunyai bentuk yang cukup ramping dibandingkan dengan monitor lainnya.

5. Solid State Drive (SSD)

hardware komputer terbaru

Bagian perangkat keras yang  selanjutnya yang wajib kamu ketahui adalah SSD. SSD atau Solid State Drive adalah inovasi terbaru dari penyimpanan harddisk. Dimana ini menjadi media penyimpanan yang menggunakan jenis memori solid state dalam proses penyimpanan data.

Ssd sendiri mempunyai fungsi yang sama dengan Harddisk  tetapi bedanya data yang terdapat pada SSD akan disimpan melalui Chip-chip yang mempunyai kecepatan dan reliabilitas lebih tinggi dibandingkan dengan USB. Ssd ini sendiri juga mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Bukan hanya itu saja, SSD ini juga menawarkan akses komputer yang lebih cepat. SSD juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang mementingkan perlindungan data terhadap guncangan

6. Keyboard

hardware komputer pdf

Contoh Hardware Komputer yang berikutnya adalah Keyboard. Keyboard ini sendiri merupakan sebuah papan kunci yang dimasukkan ke dalam golongan alat input. Keyboard sendiri terdiri dari huruf maupun angkat. Keyboard mempunyai beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Keyboard qwerty merupakan jenis keyboard yang mempunyai tata letak huruf yang membentuk tulisan QWERTY. Keyboard ini ditemukan pada tahun 1878 dan jenis keyboard ini paling banyak digunakan di dunia.
  • Keyboard DVORAK merupakan keyboard yang ditemukan di tahun 1932 dengan susunan kata dan angka yang lebih menekankan pada jari kanan sehingga bisa mengurangi adanya kelelahan saat mengetik.
  • Keyboard KLOCKENBERG merupakan keyboard yang terpisah antara bagian kiri dan kanan. Kedua keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat untuk membuat penggunanya nyaman.
  • Keyboard alphabetic merupakan keyboard yang disusun berdasarkan urutan Alfabet dimana A-Z

7. Printer

	hardware komputer apa aja

Selain macam-macam perangkat Hardware Komputer keras diatas, masih ada lagi perangkat keras dalam komputer yakni printer. Printer ini sendiri masuk ke dalam golongan alat output layaknya monitor. Tetapi bedanya, printer ini mempunyai fungsi untuk mencetak hasil dari pengolahan data dimana bisa berupa teks atau gambar.

Teks atau gambar tersebut dicetak kedalam kertas agar bisa menjadi hardcopy. Pada awal perkembangannya, printer ini memang mempunyai fungsi untuk mencetak dokumen saja, tetapi seiring dengan adanya perkembangan zaman, printer mempunyai fungsi scanning.

Berikut ini beberapa jenis printer

  • Printer inkjet

Merupakan printer yang paling umum digunakan dimana printer ini akan menyemprotkan tinta yang terdapat pada kertas untuk bisa membentuk gambar ataupun dokumen. Kualitas dari printer ini sudah cukup baik

  • Printer dot matrix

Merupakan printer yang memanfaatkan sistem pembentukan karakter dengan cara menekan jarum yang terdapat pada pita di atas kertas sehingga mampu membentuk karakter tertentu.

  • Printer laserjet

Merupakan printer yang banyak digunakan saat ini. Jenis printer ini memanfaatkan laser sebagai media untuk mencetaknya. Laser ini juga menggunakan drum dengan sambungan listrik.

Demikian beberapa jenis hardware yang mampu membentuk Hardware Komputer jaringan komputer. Dengan memahami jenis-jenis hardware computer diatas anda bisa mendapatkan pengetahuan yang berharga.

 Optical drive (CD / DVD)

Optical Drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD / CD. DVD/ CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data.

DVD RWDVD RW

Ada dua jenis DVD atau CD :

  • DVD atau CD ROM (Read Only Memory) yaitu hanya bisa membaca isi dari disk DVD / CD
  • DVD atau CD RAM (Random Access Memory) yaitu bisa membaca ran menulis. DVD atau CD RAM lebih dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (RW = Read Write)

Contoh Merk DVD / CD ROM atau RAM adalah LG, Samsung, Sony, Pioneer, dll.

 Floppy Disk

Floppy disk adalah media pembaca untuk disket.Ssaat ini mungkin disket sudah tidak populer. Namun diakui atau tidak disket turut memajukan dunia komputer selama beberapa dekade.

Floppy DriveFloppy Drive

Disket adalah media penyimpan data portabel yang bisa dibawa-bawa. Disket terbuat dari sebuah cakram dari plastik magnetik. Ukuran disket sudah distandarkan, contoh : 1.2M, 1.44M

Dalam struktur drive pada microsoft windows, disket selalu menempati drive terhormat yaitu drive A.

VGA CARD (Kartu Grafis)

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan.

VGA cardVGA card

Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu :

  • VGA Card PCI (Peripheral Component Interconect)
  • VGA Card AGP (Accelerator Graphics Processor)
  • VGA Card PCI-E (PCI Express)

Merk VGA yang terkenal adalah ATI,  NVIDIA, S3, SIS, dan Trident.

Sound Card

Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas.

Sound CardSound Card

Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity)

Contoh merk soundcard yang terkenal adalah Creative, Ess, Realtek,  Cmedia, dll.

13 komentar:

Adbox